Ini Dia Perbedaan iPhone 4 dan iPhone 4S

Keputusan Apple untuk tetap mempertahankan bentuk yang sama pada produk iPhone 4 dan iPhone 4s mendapatkan reaksi berbeda-beda dari masyarakat. Ada yang mengharapkan tampilan produk yang lebih besar dan desain yang baru. Sementara ada juga sudah merasa nyaman dengan bentuk iPhone 4 dan ingin tetap menjaga bentuk tersebut.

Ini bukan kali pertama Apple terjebak dalam desain yang sama pada smartphone-nya. Seperti kita ingat, hal sama juga terjadi pada produk iPhone 3s sebagai penerus iPhone 3. Tetapi bagaimanapun itu, apakah ada manfaat dari desain yang baru?

Desain

Secara keseluruhan, mulai dari panel kaca depan dan belakang untuk band-baja semuanya memiliki bentuk yang sama. Dimensi yang dimiliki keduanya pun sama yakni 115,2x58,6x9,3 mm. Tetapi, iPhone 4s terasa lebih berat karena memiliki bobot 140g, sementara iPhone 4 berbobot 137g.

Salah satu perubahan desain yang terjadi adalah adanya tombol tambahan yang terletak di sisi kiri. Bentuk tombol mute dan tombol volume 4s juga terlihat lebih pendek daripada model lama. Oleh sebab itu, casing iPhone 4 belum tentu bisa dipasangkan dengan pas di 4s. Sedangkan untuk iPhone 4 CDMA kemungkinan akan sesuai dengan 4s.

Ketika perbedaan di atas diabaikan, desain kedua smartphone ini sangat identik. Bisa kita lihat penempatan speaker dan mikrofon, lokasi kamera depan an belakang, yang memungkinkan anda salah menebak versinya jika kurang teliti.

Spesifikasi Hardware

Meskipun dari luarnya kedua ponsel ini sangat mirip, namun hardware-hardware penyusunnya terbilang cukup jauh berbeda. iPhone 4 dilengkapi dengan prosesor A4 (1GHz), kamera 5MP, graphics PowerVR SGX 535, Storage up to 32GB, video 720p, network GSM/CDMA, data HSDPA, 7.2 Mbps HSUPA, 5.76 Mbps, bluetooth v2.1 with A2DP, dan baterai Li-Po 1420mAh. Sementara untuk iPhone 4s disusun oleh prosesor A5 Dual Core, kamera 8MP, graphics PowerVR SGX543MP2, storage up to 64GB, video 1080p, network GSM/CDMA, data HSDPA, 14.4 Mbps HSUPA, 5.8 Mbps, bluetooth v4.0 with A2DP, dan baterai Li-Po 1432 mAh.

Software iOS 5 dan Siri

Versi terbaru iOS 5 berisi sekumpulan fitur baru. Kecuali Siri, fitur-fitur di iOS 5 diperbaharui mulai dari NewsStand, iMessage, Reminder, dan opsi kamera tambahan. Perbedaan yang mencolok adalah iPhone 4s lebih cepat dan lebih halus berkat chip A5 versi terbaru.

Siri merupakan software asisten pengenal suara terbaru dari Apple dan eksklusif untuk iPhone 4s. Sementara itu, banyak pengguna juga mengaku baik-baik saja ketika menjalankan Siri di iPhone 4. Namun ada juga yang mengaku sia-sia jika menggunakan Siri di iPhone 4 yang terhubung ke server Apple, sebab Siri hanya menerima perintah dari UID handset iPhone 4s.

Menurut Apple sendiri, Siri masih tersedia dalam versi beta dan saat ini hanya mendukung bahasa inggris, jerman, dan perancis. Bagi pengguna di luar bahasa tersebut mungkin tidak bisa mengoptimalkan fungsinya. Namun, pihak Apple juga bekerja sebaik mungkin agar Siri mampu menjangkau banyak pengguna.

Beberapa fungsi yang bisa Siri lakukan adalah mengetikkan pesan dan mengirimkannya, mengatur alarm, menata pengingat, bahkan mampu melakukan penelitian untuk anda. Hebatnya lagi, Siri juga diklaim mampu menjalankan mobil meskipun butuh pengaturan yang sangat rumit.

Kamera

Meskipun sebagian fisik iPhone 4s mirip dengan iPhone 4, namun Apple memastikan kamera yang dimilikinya telah dinaikkan dari 5MP menjadi 8MP. Tentu langkah ini menjadi ponsel pintar iPhone setara dengan kamera milik para pesaingnya. Resolusi video pun dipertajam hingga mencapai 1080p. Selain itu, 4s menggunakan elemen lensa 5 yang mampu menghasilkan gambar optik yang lebih tinggi.

Prosesor dan Kecepatan

iPhone 4s ditanami chip A5, di mana chip ini juga digunakan pada iPad 2, yang memungkinkan kecepatan operasi dan tampilan garis lebih baik. Meskipun iPhone 4 juga terbilang cepat, tetapi 4s terasa lebih cepat terutama ketika menjalankan aplikasi yang banyak dalam waktu singkat. Grafis PowerVR SGX543MP2 pada iPhone 4s diklaim tujuh kali lebih baik daripada PowerVR SGX535 pada iPhone 4.

Kekuatan Baterai

iPhone 4s memiliki kapasitas baterai sedikit lebih tinggi. Waktu bicara pada iPhone 4s yaitu 14 jam di jaringan 2G dan 8 jam di jaringan 3G. Sementara untuk versi pendahulunya, waktu bicara 2G sama dengan 4s dan 7 jam pada 3G. Adapun untuk waktu siaga sendiri, iPhone 4 lebih unggul karena mampu bertahan selama 300 jam pada jaringan 2G dan 3G. Sedangkan untuk iPhone 4s hanya mampu bertahan selama 200 jam pada kedua band.

Akan tetapi banyak pengguna yang mengaku daya tahan baterai iPhone 4s lebih pendek daripada spesifikasinya. Mungkin hal dikarenakan adanya masalah perangkat lunak yang menyertainya. Oleh sebab itu, Apple kemudian merilis iOS 5.0.1 untuk memperbaiki hal ini.