8 Perbedaan Xilem dan Floem Pada Jaringan Tumbuhan

Tahukah kamu, apa perbedaan antara xilem dan floem pada jaringan tumbuh-tumbuhan? Pada dasarnya, xilem adalah jaringan tumbuhan yang bertugas untuk mengangkut air dan mineral menuju ke batang dan daun. Sedangkan floem adalah jaringan tumbuhan yang berperan untuk membawa cadangan makanan hasil fotosintesis menuju ke seluruh tubuh tumbuhan. Penamaan yang mirip kadang-kadang membuat istilah xilem dan floem saling tertukar.

perbedaan-xilem-dan-floem.jpg

Jaringan Tumbuhan

Nah, berikut ini adalah delapan perbedaan antara xilem dan floem pada jaringan tumbuhan, antara lain :

  1. Xilem berfungsi mengangkut bahan fotosintesis berupa air dan mineral dari akar ke daun. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis berupa nutrisi makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  2. Xilem terbuat dari sel yang sudah mati dan floem terbuat dari sel yang masih hidup.
  3. Xilem memiliki dinding yang terbuat dari lignin dan berukuran tipis. Sementara itu, dinding floem terbuat dari selulosa dan mempunyai ukuran yang tebal.
  4. Membran sel yang dimiliki floem bersifat permeabel sehingga bisa dilewati air dan gas. Tetapi membran sel pada xilem bersifal selektif permeabel atau hanya dapat dilewati molekul-molekul tertentu.
  5. Jaringan sel floem dilengkapi dengan sitoplasma, sebaliknya pada xilem tidak memiliki sitoplasma.
  6. Aliran sel-sel xilem bergerak menuju ke tumbuhan bagian atas. Di sisi lain, aliran sel-sel floem mempunyai gerakan ke atas dan ke bawah.
  7. Jaringan yang menyertai xilem merupakan jaringan serabut. Namun jaringan yang menyertai floem adalah jaringan penggiring.
  8. Jika dilihat dari mikroskop, xilem berbentuk bundar dan berukuran cukup besar. Sedangkan floem memiliki ukuran yang kecil dan mengelilingi xilem.