Ini Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung

Apa perbedaan antara otot polos, otot lurik, dan otot jantung yang kamu ketahui? Otot adalah alat gerak aktif yang menyusun jaringan tubuh manusia. Berdasarkan karakteristik, letak, dan prinsip kerjanya, otot manusia dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Kira-kira apa ya perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh ketiga jenis otot ini?

perbedaan-otot-polos-lurik-jantung.jpg

Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung

Otot Polos

Sesuai sebutannya, otot polos memiliki bentuk yang polos, tidak berlurik, dan serabut ototnya tidak beraturan dengan sebuah inti di tengah-tengahnya. Pola gerakan otot ini relatif lamban tetapi bisa bekerja dalam waktu yang lama. Saraf otot polos bekerja secara otonom artinya tidak disadari dan tidak berkontraksi. Letak otot ini berada di organ dalam seperti usus, lambung, paru-paru, hati, dan lain-lain.

Otot Lurik

Ketika dilihat melalui mikroskop, otot lurik mempunyai serabut yang tidak beraturan dan berlurik-lurik, bersel panjang, serta memiliki banyak inti sel. Pola kerja otot ini bersifat somatik yang berarti disadari dan bisa diatur. Walaupun kemampuan geraknya lebih cepat, namun otot ini juga lebih mudah mengalami kelelahan. Otot lurik berada di sepanjang rangka tubuh manusia, seperti rangka tangan dan rangka kaki.

Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang hanya terletak di organ jantung manusia. Sama seperti otot polos, otot ini memiliki sebuah inti sel serta bekerja secara lambat, tidak mudah lelah, dan tidak sadar. Bedanya, wujud otot jantung adalah berlurik-lurik dan memiliki serabut otot yang beraturan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara otot polos, otot lurik, dan otot jantung di antaranya :

  1. Otot polos berwujud polos, otot lurik berwujuk lurik, dan otot jantung berwujud lurik.
  2. Otot polos dan otot jantung memiliki sebuah inti sel, sedangkan otot lurik mempunyai banyak inti sel.
  3. Serabut otot polos tidak beraturan, serabut otot lurik beraturan, dan serabut otot jantung beraturan.
  4. Otot lurik bekerja secara stonom atau disadari, sementara otot polos dan otot jantung bekerja secara otonom atau tidak disadari.
  5. Gerakan otot jantung dan otot polos relatif lambat, tetapi gerakan otot lurik lebih cepat.
  6. Otot lurik mudah lelah, serta otot polos dan otot jantung tidak mudah lelah.
  7. Otot polos berada di organ dalam tubuh selain jantung, otot lurik berada di rangka tubuh, dan otot jantung berada di organ jantung.