Ini Perbedaan Save dan Save as Pada Software Komputer

Apa perbedaan antara menu save dan save as pada software? Pilihan menu save dan save as sama-sama berguna untuk mengeksekusi perintah menyimpan file. Walaupun begitu, ada perbedaan pada fungsi khusus yang dimiliki oleh keduanya. Apakah itu?

perbedaan-save-dan-save-as.jpg

Kotak Dialog Save As

Save

Save berfungsi untuk menyimpan file yang sudah pernah disimpan sebelumnya. Pada saat anda berniat menyimpan suatu file untuk pertamakali, tidak masalah apakah anda mengeklik menu save as atau save. Namun kedua perintah ini tetap sama-sama akan membuka kotak dialog Save as. Setelah anda berhasil melakukan penyimpanan file untuk pertamakali lalu berniat melanjutkan dan menyimpannya kembali, pilih opsi Save secara berkala agar file yang telah disimpan selalu ter-update sesuai hasil pekerjaan anda.

Untuk memilih opsi Save, mulailah dengan mengeklik menu File lalu klik Save. Bisa juga dilakukan dengan menekan tombol Save yang disimbolkan dengan gambar disket. Atau bisa juga menggunakan perintah shortcut dengan menekan tombol Ctrl dan tombol S pada keyboard secara bersama-sama. Ketika pertamakali menggunakan opsi Save anda akan menjumpai kotak dialog Save as, namun untuk penggunaan seterusnya kotak ini tidak akan muncul.

Save as

Pada dasarnya, menu Save as berguna untuk menyimpan file yang dijalankan software saat pertamakali penyimpanan. Anda juga bisa memakainya untuk menyimpan file lama dengan nama yang baru atau mengubahnya ke file baru. Sebagai contoh ketika anda berniat menyimpan foto yang telah diedit dan tetap ingin mempertahankan file foto aslinya, maka pilih menu Save as untuk membuat file baru dengan nama yang baru pula.

Untuk melakukan perintah Save as, klik menu File lalu pilih Save as. Berikutnya akan muncul kotak dialog Save as. Ketikkan nama baru file tersebut pada name box dan pilih tipe format yang dikehendaki. Terakhir, klik tombol Save untuk mengeksekusi perintah simpan.

Silahkan praktikan uraian dari Farof di atas agar anda bisa lebih memahami beda fungsi Save dan Save as!