Perbedaan Seledri dan Peterseli dari Spesies, Daun, dan Batang

Apakah perbedaan antara seledri dan peterseli? Tahukah anda, seledri dengan peterseli sebenarnya adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Meskipun sepintas terlihat sama, namun ada perbedaan-perbedaan yang mencolok dari seledri dan peterseli. Apakah itu?

perbedaan-seledri-dan-peterseli.jpg

Seledri dan Peterseli

Seledri adalah tumbuhan pangan dan obat yang biasa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena bentuknya yang menarik, seledri juga kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Daun, batang, dan umbi seledri biasanya digunakan untuk sup dan salad.

Peterseli adalah tanaman pangan yang biasa dipakai untuk sayuran, ramuan, dan rempah-rempah. Peterseli seringkali ditambahkan untuk makanan-makanan bercita rasa barat. Pemanfaatan peterseli adalah pada bagian akar, batang, dan daunnya.

Di bawah ini adalah perbedaan-perbedaan antara seledri dan peterseli :

Spesies

Walaupun seledri dan peterseli sama-sama berasal dari keluarga Apiaceae, tetapi kedua tumbuhan ini adalah spesies yang berbeda dengan genus yang berbeda pula. Seledri adalah Apium graveolens L dari genus Apium. Sementara peterseli adalah Petroselinum crispum dari genus Petroselinum.

Daun

Daun seledri dan daun peterseli memiliki wujud yang berbeda. Daun seledri cenderung melebar dan pipih. Sedangkan daun peterseli berbentuk membulat dan keriting.

Batang

Selain daunnya, batang seledri dan batang peterseli juga berbeda lho. Perbedaan utama terletak pada tekstur gerigi pada batang tumbuhan-tumbuhan tersebut. Batang seledri mempunyai permukaan bergerigi dan berbentuk bulan sabit. Lain halnya dengan batang peterseli yang cenderung bundar dan halus.