3 Perbedaan Udang Vaname Jantan dan Betina

Apakah perbedaan antara udang vaname jantan dan betina? Di Indonesia, udang vaname dikenal pula dengan sebutan udang putih. Penyebutan ini bukan tanpa alasan karena udang vaname mempunyai tubuh yang putih di hampir sekujur tubuhnya. Sejak diperkenalkan pada tahun 2001 lalu, udang yang berasal dari Amerika Selatan itu kini sudah mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat. Ini dikarenakan udang vaname mempunyai cita rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan udang lokal.

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) adalah udang air payau yang sekarang kian populer di kalangan para petani karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Udang ini memiliki sejumlah kelebihan di antaranya tingkat pertumbuhannya lebih cepat, daya tahannya tinggi, dan harga jualnya mahal. Udang ini biasanya dibudidayakan di tambak, baik secara tradisional, semi-tradisional, maupun modern.

Kebanyakan petani membudidayakan udang vaname dengan tujuan untuk membesarkan benih udang menjadi udang yang memiliki bobot dan ukuran sesuai permintaan pasar. Namun tidak sedikit pula yang berusaha membibitkan udang lantaran tergiur akan hasil yang akan diperolehnya. Oleh sebab itu, pemahaman akan ciri-ciri udang vaname berdasarkan jenis kelaminnya harus diketahui agar bisa membedakan antara udang vaname jantan dan betina.

udang-vaname-jantan-betina.jpg

Udang Vaname Jantan

Udang vaname jantan bisa diketahui dari postur tubuhnya yang umumnya berbentuk cenderung lurus. Jika diperhatikan dengan seksama, udang ini pun mempunyai perut yang rata atau bahkan cekung. Udang vaname jantan juga tidak mempunyai saddle yang merupakan bakal telur. Biasanya saddle ini terdapat di bagian perut atau area di atas leher si udang tersebut.

Udang Vaname Betina

Berbeda dengan udang vaname jantan, postur tubuh yang dimiliki oleh udang vaname betina biasanya adalah gendut dan membulat terutama di bagian perutnya. Bentuk perutnya pun cenderung cembung dan ukurannya akan semakin membesar ketika mendekati masa pemijahan. Udang vaname betina pun mempunyai saddle (bakal telur) yang berada di area perut atau bagian atas lehernya. Pada udang yang berjenis vaname, saddle ini umumnya berwarna kekuning-kuningan atau kuning kehijauan.

Perbedaan

Dari uraian singkat di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa udang vaname jantan dan udang vaname betina memiliki tiga perbedaan yaitu :

  1. Udang vaname jantan memiliki postur tubuh yang berbentuk lurus memanjang. Sedangkan postur tubuh udang vaname betina adalah gemuk dan membulat.
  2. Bentuk perut udang vaname jantan biasanya rata atau cekung. Sebaliknya, udang vaname betina memiliki perut yang berbentuk cembung.
  3. Berbeda dengan udang vaname jantan, udang vaname betina dilengkapi dengan bakal telur (saddle) yang terletak di perut atau area di atas lehernya.