6 Perbedaan ubi Jalar Ungu dan Putih

Apakah perbedaan antara ubi jalar ungu dan putih? Sebagai warga Indonesia, kita pasti sudah akrab dengan yang namanya ubi jalar. Yap, umbi dari Ipomoea batatas L ini bisa dikonsumsi oleh manusia. Rasanya manis dengan tekstur yang cukup lembut.

Tahukah Anda, umbi dari tanaman ubi jalar ternyata memiliki warna yang berbeda-beda menurut varietasnya. Ada ubi jalar yang berwarna ungu, putih, merah, dan jingga. Jika dirasakan lebih seksama, masing-masing dari umbi tersebut mempunyai rasa dan tekstur yang berlainan. Tidak hanya itu, kandungan gizi yang terdapat di dalam umbi-umbi ini juga berbeda-beda.

perbedaan-ubi-ungu-putih.jpg

Ubi Jalar

Ubi jalar (Ipomoea batatas L) adalah tanaman budidaya yang termasuk dalam famili Convolvulaceae. Tumbuhan ini konon berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis. Umbinya dapat dimanfaatkan oleh manusia karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Di kawasan Asia Tenggara khususnya, masyarakat setempat pun lumrah memasak daun ubi jalar yang masih muda.

Metode perbanyakan tanaman ubi jalar biasanya dilakukan melalui stolon atau stek batang rambat. Sebelumnya, lahan perlu dicangkul terlebih dahulu untuk membuatnya menjadi subur dan gembur. Kemudian barulah batang rambat ubi jalar ini ditanam di lubang-lubang tanam yang telah dibuat. Bentuk perawatannya cukup dilakukan dengan memberikan pupuk kandang dan pupuk urea setiap sebulan sekali. Sedangkan pemanenan umbi baru dapat dilaksanakan setelah tanaman berusia sekitar 4-6 bulan.

Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada ubi jalar antara lain :

  1. Sumber karbohidrat kompleks
  2. Sumber vitamin A
  3. Menjaga kestabilan tekanan darah
  4. Mencegah penyakit kanker
  5. Mempertahankan berat badan
  6. Banyak mengandung serat
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Melancarkan sistem pencernaan
  9. Membantu pengobatan diabetes
  10. Mencegah penyakit maag

Perbedaan

Dari sekian banyaknya varietas tanaman ubi jalar, ubi putih dan ubi ungu diketahui merupakan varietas ubi jalar yang paling banyak dibudidayakan. Ternyata perbedaan antara kedua varietas ubi jalar tersebut tidak hanya terletak pada warna umbinya saja, tetapi juga beberapa aspek yang lain. Berikut ini ringkasan hal-hal yang membedakan ubi ungu dengan ubi putih :

  1. Ubi ungu lebih banyak mengandung vitamin A daripada ubi putih. Diketahui kandungan vitamin A yang ada di ubi ungu mencapai 7700 mg/100 g.
  2. Ubi ungu mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan dengan ubi putih. Padahal zat gula yang terkandung di dalam kedua ubi jalar tersebut tidak jauh berbeda.
  3. Para penderita diabetes biasanya melakukan diet dengan mengonsumsi ubi putih, bukan ubi ungu. Hal ini dikarenakan ubi ungu memiliki rasa yang tidak begitu manis.
  4. Dari segi teksturnya, ubi ungu terasa lebih lembut ketimbang ubi putih. Di sisi lain kandungan serat pada ubi putih lebih banyak daripada ubi ungu.
  5. Tidak seperti ubi putih, ubi ungu bisa dijadikan sebagai bahan pewarna yang alami. Adapun warna yang dihasilkan oleh ubi ini apalagi kalau bukan warna ungu.
  6. Ubi ungu memiliki kadar zat antosianin yang lebih tinggi dibandingkan ubi putih. Salah satu fungsi zat antosianin ialah sebagai antioksidan di dalam tubuh.