Beda Merpati Balap dan Biasa dari Gaya Terbangnya

Apakah perbedaan antara merpati balap dan biasa? Merpati adalah burung yang mempunyai badan gempal, berleher pendek, dan berparuh ramping. Burung ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru dunia, baik sebagai binatang peliharaan maupun binatang liar yang hidup di lingkungan perkotaan. Burung dara disukai karena memiliki kesetiaan yang tinggi pada pasangannya serta dapat diadu kecepatan terbangnya.

Burung merpati termasuk bangsa Columbiformes. Ini artinya burung merpati masih berkerabat dekat dengan burung dara, burung tekukur, dan burung perkutut. Ada pula merpati pos yaitu burung yang khusus dilatih untuk mengantarkan surat pada zaman dahulu. Dalam berbagai kepercayaan dan kebudayaan, burung merpati kerap dijadikan sebagai lambang dari perdamaian.

perbedaan-burung-merpati-balap.jpg

Perbedaan antara burung merpati biasa dengan burung merpati balap pada dasarnya bisa dilihat dari cara terbang burung tersebut. Sedangkan spesies burung yang digunakan adalah sama.

Burung Merpati Biasa

Gaya terbang burung merpati umumnya biasa saja mirip seperti burung kebanyakan. Walaupun ada burung yang terbangnya cukup kencang, tetapi ia tidak memiliki ambisi untuk mendahulu burung di depannya. Pada saat dilepas dari sangkarnya, burung merpati biasa juga akan banyak terbang secara berputar-putar dan mencapai ketinggian dalam waktu yang lama. Barulah kemudian burung tersebut akan turun dengan kecepatan yang rendah atau pelan.

Burung merpati biasa sama sekali tidak mempunyai mental juara. Hal ini salah satunya terlihat dari gaya menukiknya yang tidak lancar alias kecepatannya direm ketika tingginya sudah mencapai 2-3 m. Ketika terbang, burung ini pun bisa mencapai ketinggian yang tinggi sekali hingga tidak terlihat sebab ia memang tidak memiliki ambisi untuk balapan. Oleh sebab itu, harga burung ini rata-rata lebih murah daripada burung balap.

Burung Merpati Balap

Karakteristik khusus yang dimiliki oleh burung merpati balap ialah gaya terbangnya yang sangat kencang ibarat orang yang tengah berenang. Terlebih untuk burung yang sudah jadi, begitu dilepas burung tersebut hanya akan terbang sebanyak dua kali putaran lalu segera bergegas menuju ke lokasi pemiliknya. Jika diperhatikan dengan seksama, burung balap juga mampu menukik dengan kecepatan yang tinggi serta memiliki ambisi yang kuat untuk mengalahkan lawannya.

Ciri-ciri burung balap yang bagus yaitu gaya turunnya akan berada di posisi jam 11 sampai 12 di atas kepala. Setelah tiba di bawah, ia akan terlihat seperti mental dari lapak/matras yang menjadi alasnya. Burung balap yang baik pun mempunyai semangat juang yang tinggi dan berambisi kuat untuk mengalahkan lawan-lawannya. Ketinggian terbang burung ini bisa jauh melampaui burung merpati biasa. Jadi wajar kalau harganya pun lebih mahal.