5 Perbedaan antara LPG dan LNG

Apakah perbedaan antara LPG dan LNG? Kita mengenal LPG (Liquefied Petroleum Gas) serta LNG (Liquefied Natural Gas) sebagai bahan bakar, baik dalam skala industri maupun rumah tangga. Keduanya juga sama-sama merupakan gas alam yang akan mencair apabila didinginkan. Tahukah Anda, faktor utama yang membedakan kedua bahan bakar gas ini yaitu heating value yang dimilikinya.

LPG pada dasarnya adalah salah satu produk olahan dari minyak bumi yang berbentuk gas. Dalam pemasarannya, produk tersebut dicairkan terlebih dahulu untuk memampatkan ukuran serta memperkecil bobot yang dimilikinya. Sedangkan LNG adalah gas alam yang murni. Pemasaran gas ini juga dicairkan terlebih dahulu untuk mempermudah distribusinya.

perbedaan-lpg-dan-lng.jpg

LPG (Liquefied Petroleum Gas)

LPG atau elpiji merupakan produk olahan dari minyak bumi yang memiliki wujud berupa gas. Bahan penyusun produk ini terdiri atas propane, propylene, dan butane. Dibandingkan dengan bahan bakar yang lain, LPG mempunyai keunggulan tersendiri yaitu mudah dikemas dan didistribusikan dengan biaya yang lebih ekonomis. Sayangnya standarisasi mutu LPG sulit dipertahankan sehingga membuat kualitas LPG yang diproduksi oleh suatu pabrik berbeda dengan LPG buatan pabrik lainnya.

Gas yang terkandung di dalam LPG juga memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan udara. Akibatnya gas yang keluar dari tabung LPG yang bocor cenderung akan berada di posisi bawah atau dekat dengan permukaan tanah. Hal ini menyebabkan potensi bahaya yang timbul dari gas tersebut seperti keracunan dan kebakaran menjadi lebih besar, khususnya apabila kejadiannya berada di dalam ruangan.

LNG (Liquefied Natural Gas)

Secara singkat, LNG adalah gas alam yang memiliki wujud berupa zat cair. Suhu suatu LNG untuk mempertahankan wujud tersebut biasanya berkisar antara -120 hingga – 170 derajat celsius. Kelebihan utama dari LNG ialah mempunyai tingkat kepadatan energi yang tinggi atau hampir sama dengan minyak tanah sehingga lebih awet saat digunakan sebagai bahan bakar.

Tingkat keamanan LNG juga terbilang lebih baik daripada LPG. Ini disebabkan massa gas yang ada di dalamnya lebih ringan daripada massa udara. Jika terjadi kebocoran, gas yang keluar akan langsung terbang ke atas dan tidak terkumpul di atas permukaan tanah. Namun kekurangan LNG yaitu prosedur penyimpanannya yang rumit dan memakan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut akan semakin tinggi apabila perusahaan terkait akan membangun stasiun pengisian gas LNG sendiri.

Perbedaan

Berdasarkan uraian singkat di atas, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa perbedaan antara LPG dan LNG antara lain :

  1. LPG adalah produk olahan dari minyak bumi. Sedangkan LNG merupakan produk olahan dari gas alam.
  2. Berbeda dengan LPG, gas yang terkandung di dalam LNG memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan dengan udara.
  3. Rata-rata harga LPG di Indonesia lebih murah daripada harga LNG.
  4. Penggunaan LNG lebih awet ketimbang LPG karena memiliki tingkat kepadatan energi yang lebih baik.
  5. Pemakaian LNG relatif lebih aman dibandingkan dengan LPG karena gas yang keluar akan langsung terbang ke angkasa dan tidak terkumpul di atas permukaan tanah.